Minggu, 13 Februari 2011

VALENTINE DAY VS MAULID NABI


“Ehm…ehmmm…hore entar lagi valentine nih….so pasti banyak dapat coklat, bunga, kado dari teman en pacar cihuyyyyy”
Eittsss,,,,tunggu dulu,,,itukah persepsi cara pandang kita selama ini
Nah klo spt itu,,,kalian wajib deh baca artikel ini,,,di jamin nggak rugi,,,dapat pahala lho amiennnnnnn….^______^
Oke  cekidot !!!


Di tahun 2011 ini hari valentine (14 Februari) yang sering kali dirayakan oleh para kalangan muda di seluruh dunia yang saat ini pun sudah umum di Negara kita Indonesia ini akan jatuh berdekatan dengan Hari Maulid Nabi Muhammad Shollallohu’alayhiwasalam 12 Rabiulawal 1932 H yang jatuh pada tanggal 15 Februari 2011 M.
Dalam hal perayaan valentine para kaum muda Islam sering kali tidak sadar akan apa sebenarnya valentine itu. Padahal Allah telah berfirman : 

Dan janglah kamu megikuti apa yang kamu tidak mempunyai pengetahuan tentangnya. Sesungguhnya pendengaran, penglihatan, dan hati, semuanya itu akan diminta pertanggung jawabnya”. (Surah Al-Isra : 36).


DAN SEBENARNYA APA VALENTINE ITU ???

Sejarah Valentine:

Sungguh merupakan hal yang ironis(menyedihkan/tidak sepatutnya terjadi) apabila telinga kita mendengar bahkan kita sendiri ‘terjun’ dalam perayaan Valentine tersebut tanpa mengetahui sejarah Valentine itu sendiri. Valentine sebenarnya adalah seorang martyr (dalam Islam disebut ‘Syuhada’) yang kerana kesalahan dan bersifat ‘dermawan’ maka dia diberi gelaran Saint atau Santo.

Pada tanggal 14 Februari 270 M, St. Valentine dibunuh karena pertentangannya (pertelingkahan) dengan penguasa Romawi pada waktu itu iaitu Raja Claudius II (268 – 270 M). Untuk mengagungkan dia (St. Valentine), yang dianggap sebagai simbol ketabahan, keberanian dan kepasrahan dalam menghadapi cubaan hidup, maka para pengikutnya memperingati kematian St. Valentine sebagai ‘upacara keagamaan’.
Tetapi sejak abad 16 M, ‘upacara keagamaan’ tersebut mulai beransur-ansur hilang dan berubah menjadi ‘perayaan bukan keagamaan’. Hari Valentine kemudian dihubungkan dengan pesta jamuan kasih sayang bangsa Romawi kuno yang disebut “Supercalis” yang jatuh pada tanggal 15 Februari.

Setelah orang-orang Romawi itu masuk agama Nasrani(Kristian), pesta ‘supercalis’ kemudian dikaitkan dengan upacara kematian St. Valentine. Penerimaan upacara kematian St. Valentine sebagai ‘hari kasih sayang’ juga dikaitkan dengan kepercayaan orang Eropah bahwa waktu ‘kasih sayang’ itu mulai bersemi ‘bagai burung jantan dan betina’ pada tanggal 14 Februari.

Dalam bahasa Perancis Normandia, pada abad pertengahan terdapat kata “Galentine” yang bererti ‘galant atau cinta’. Persamaan bunyi antara galentine dan valentine menyebabkan orang berfikir bahwa sebaiknya para pemuda dalam mencari pasangan hidupnya pada tanggal 14 Februari. Dengan berkembangnya zaman, seorang ‘martyr’ bernama St. Valentino mungkin akan terus bergeser jauh pengertiannya(jauh dari erti yang sebenarnya). Manusia pada zaman sekarang tidak lagi mengetahui dengan jelas asal usul hari Valentine. Di mana pada zaman sekarang ini orang mengenal Valentine lewat (melalui) greeting card, pesta persaudaraan, tukar kado(bertukar-tukar memberi hadiah) dan sebagainya tanpa ingin mengetahui latar belakang sejarahnya lebih dari 1700 tahun yang lalu.

Dari sini dapat diambil kesimpulan bahwa moment(hal/saat/waktu) ini hanyalah tidak lebih bercorak kepercayaan atau animisme belaka yang berusaha merosak ‘akidah’ muslim dan muslimah sekaligus memperkenalkan gaya hidup barat dengan kedok percintaan(bertopengkan percintaan), perjodohan dan kasih sayang.
http://tanbihul_ghafilin.tripod.com/valentineday.htm
Nah sobat sekalian,,,,,Dari bacaan diatas sudah jelas bahwa sebenarnya valentine itu adalah acara milik kaum Nashrani. Sedangkan Rasulullah Sollallohu’alayhiwasallam telah bersbda: “ Barang siapa yang meniru atau mengikuti suatu kaum (agama) maka dia termasuk kaum (agama) itu”. Dan Allah pun Berfirman: “Barangsiapa yang mencari agama selain agama Islam, maka sekali-sekali tidaklah diterima (agama itu) daripadanya, dan dia di akhirat termasuk orang-orang yang rugi”.
Sungguh ironi jika kita mengikuti (merayakan) hari valentine itu. Dalam perayaan valentine pun identik dengan pesta pora dan pemborosan, sedangkan Allah berfirman: “Sesungguhnya pemboros-pemboros itu adalah saudara-saudara syaithon dan syaithon itu adalah sangat ingkar kepada Tuhannya”. (Surah Al Isra : 27). Pun biasa dirayakan kaum muda dengan pacaran dengan pasangan yang belum syah, bukankah hal itu adalah mendekati zina? Sedangkan Allah berfirman: ” Dan janganlah kamu mendekati zina, sesunggunhnya zina itu adalah suatu perbuatan yang keji dan suatu yang jalan buruk.” ( Q.S. Al Isra 32)
Selang satu hari setelah Valentine adalah Maulid Nabi Muhammad Shollallohu’alayhiwasalam. Kebanyakan kaum muda Islam dalam hal ini malah lupa akan arti dan hikmahnya. Sebagian orang karena memang sudah terpengaruh oleh hal – hal kemaksiatan yang memang lebih menarik (seperti valentine) sehingga dapat melupakan semua tentang dosa, sebagian lain karena menganggap memperingati Maulid Nabi adalah bid’ah. Padahal peringatan Maulid Nabi sangatlah penting untuk mengenang dan mengenal pribadi Rosulullah Shollallohu’alayhiwasalam. Kedatangan bulan maulid Nabi ini seharusnya kita jadikan sebagai peningkatan keyakinan kita pada kesaksian bahwa nabi Muhammad adalah utusan Allah.

Klo kita cinta dengan Rosulullah
so pasti kita akan ikut risalah beliau ya nggak ???

Oke sahabat seperjuangan ,,,, di bawah ini ada hal-hal yang disarankan untuk memperingati mauled nabi Muhammad
1. Mencontohi beliau dalam semua perkara dengan berusaha untuk melakukan sunnah-sunnah beliau. Harus bahkan sebagai aktivis kampus kita pegang prinsip itu,berjuang !!!

2. Menyebarkan sunnah Rasulullah s.a.w di kalangan manusia dan masyarakat. Rasulullah s.a.w. belajar jadi da’i ^^//

3. Mempertahankan sunnah Rasulullah s.a.w dari penyelewengan dan serangan mereka yang dengki terhadapnya. Keep hamasah !!!
4.Sudah koleksi buku siroh nabawiyah belum,,,???
klo belum buruan,,dan baca ampe abis. Klo dibayangkan dan dihayati dan dimaknai huhhh sampai berderai-derai air mata baca bukunya,,,* sediakan tissue ya..hehehe

5. Banyak sholawat yuk !!! **ya..nabi salam alaika……..

Valentine Day = Hari Kematian vs Maulid Nabi = Hari Kelahiran

Okeh….kalo punya teman yang belum tahu,,,tolong sampaikan donk..kan hidup ini mesti berbagi dalam kebaikan,,,dan tahu nggak surganya Allah itu seluas bumi dan langit…kira-kira mau nggak ke surga sendirian ajak teman-teman mu ya melalui pintu kebaikan,,amiinnn ya robbal alamin…(^0^)

*Let’ sing a song* :D

Demi cintaMu ya Allah
Pada Muhammad nabiMu
Ampuni dosaku
Wujudkan harapanku
Ya Rasullallah
Siapa yang cinta pada nabinya
Pasti bahagia dalam hidupnya
Reff:
Muhammadku Muhammadku dengarlah seruanku
Aku rindu aku rindu kepadamu Muhammadku
Kau yang mengaku cinta kepada nabimu
Kau yang mengaku merindukan nabimu
Jika kau benar-benar cinta dan rindu kepada Muhammad nabimu
Buktikan
Taati perintahNya, tinggalkan laranganNya
Teladani akhlaknya
Niscaya kelak kau akan berjumpa dengan Rasullallah
Niscaya kelak kau akan berkumpul dengan Rasullallah
Back to Reff
Kau ajarkan hidup ini untuk saling mengasihi
Ku tanamkan dalam hati kuamalkan sejak dini
Engkaulah nabi pembawa cinta
Kau bimbing kami menjuju surga
Back to Reff




 ** Ya Rosulullah kami belum pernah melihatmu, mendengar suaramu, dekat denganmu….kami akan menjaga dan menyampaikan risalahmu ya Habiballah….aminn
pertemukan kami dengan Rosul kami Ya Allah di Jannah Mu….

***Ganbatte kudasai !!! untuk aktivis kampus UKM Kerohanian Cahaya Islam,,,bergeraklah sebarkan cinta Allah di muka bumi !!!


0 komentar:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More